Indragirione.com, - Abdul Wahid Anggota DPR RI Terpilih  mewakili Menteri Ketenagakerjaan,  menghadiri peresmian BLK Komunitas Pondok Pesantren (Ponpes)  Selasa 10 September 2019, Bertempat di Ponpes Hidayatussalafiyah, Kampar Kiri Tengah - Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Abdul Wahid saat dikonfirmasi mengatakan," Saya  menyampaikan terima kasih kepada presiden RI melalui kementrian tenaga kerja yang digawangi Hanif dhakiri karna gedung BLK ini merupakan program yang sangat tepat diera modernisasi seperti sekarang.



Ia berharap, BLK tersebut dapat melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berakhlak, berkarakter, dan kompeten. “BLK Komunitas ini untuk membekali karakter, soft skill, sekaligus membekali keterampilan kepada lulusan pesantren,” kata Abdul Wahid Anggota DPR RI Terpilih.

Dalam lima tahun ke depan, pemerintah akan fokus dalam pembangunan SDM. BLK Komunitas, merupakan salah satu upaya pemerintah mendekatkan akses pelatihan vokasi kepada masyarakat.

 “Agar daya saing anak muda kita di pasar kerja semakin diperhitungkan, serta membekali keterampilan berwirausaha,” ujar Abdul Wahid.

Abdul Wahid  menjelaskan, pembangunan BLK Komunitas di pesantren diilhami oleh budaya pesantren itu sendiri. Santri pada zaman dulu tidak hanya menimba ilmu kepada kiai saja. Santri juga membantu aktivitas lain kiai, seperti berkebun, bercocok tanam, ataupun berdagang. Sehingga, di samping mendapat ilmu agama, santri juga mendapat pengalaman berkebun, bercocok tanam, berdagang, dsb. Namun, sejak diterapkannya sistem syahriah (biaya bulanan), santri hanya fokus belajar ilmu agama saja.

Dengan adanya program BLK Komunitas, diharapkan santri tak hanya belajar agama, namun juga mendapat bekal keterampilan. Sehingga, ketika sudah lulus dari pesantren, mereka dapat masuk ke pasar kerja atau berwirausaha. "Selain itu, BLK Komunitas juga bermanfaat membantu warga di sekitar pesantren yang membutuhkan keterampilan," katanya.(za)